Rabu, 03 Januari 2018

Awning Gulung Senen Jakarta Pusat

Sekelumit tentang Daerah Senen, merupakan salah satu nama kecamatan yang terletak di wilayah Jakarta Pusat.
Kecamatan ini dinamakan berasal dari sebuah nama pasar yaitu Pasar Senen, dan di kecamatan ini juga terletak Stasiun Pasar Senen, Planet Senen (yang meliputi Pasar Senen, Stasiun Senen, Gelanggang Remaja Senen, dan Bioskop Grand) merupakan tempat berkumpulnya para seniman yang dikenal dengan sebutan Seniman Senen.
Sejarah Senen diawali dengan dibukanya Pasar Senen oleh Yustinus Vinck pada tahun 1733.
Selain Pasar Senen, Vinck juga membuka Pasar Tanah Abang. Dua tahun berikutnya ia
menghubungkan kedua pasar tersebut dengan sebuah jalan, yang sekarang disebut Jln. Prapatan dan Jln. Kebon Sirih yang juga merupakan jalur penghubung timur-barat pertama di Jakarta Pusat kini.
Setelah zaman kemerdekaan hingga tahun 1975, Senen menjadi pusat perdagangan terkemuka di Jakarta. Pada tahun 1974 terjadi tragedi Malari yang memporakporandakan Pasar Senen. Mahasiswa pada saat itu, marah atas kebijakan ekonomi Indonesia yang bergantung pada Jepang. Dan Pasar Senen merupakan simbol dari penjualan produk-produk Jepang.
Dan daerah kelurahan-kelurahan yang terletak di daerah kecamatan Senen yaitu: Kelurahan Senen, Kelurahan Kwitang, Kelurahan Kenari, kelurahan Paseban, Kelurahan Kramat dan Kelurahan Bungur.
Mungkin karena kemajuan zaman sekarang ini daerah Senen pun semakin banyak bangunan dan perumahan yang banyak berdiri di daerah Senen tersebut, sehingga suasananya pun terasa semakin gersang dan panas.
Dan tentunya Awning Gulung lah yang akan menjadi sebuah solusi agar dapat suasana panas dan gersang berkurang, karena Awning Gulung berfungsi sebagai alat untuk menahan cahaya sinar matahari dan mengubahnya menjadi lebih teduh dan terasa sejuk, dan Awning Gulung juga bisa menahan derasnya air hujan dikala musim penghujan datang.